Friday the 26th - - Free Joomla 3.2 Templates

rusip

photo courtesy of @sianglingaling

Lidah siapapun bisa berbeda-beda dalam merasakan setiap makanan. Kadang-kadang enak banget buat seseorang belum tentu enak buat yang lainnya. Apalagi untuk makanan khas suatu daerah. Ada kenikmatan tersendiri yang kadang susah dijelaskan oleh pecintanya. Seperti daerah lainnya, Bangka juga memiliki suatu resep makanan unik yang belum ditemukan di tempat lain. Namanya “rusip”. Unik ya!

Rusip di Bangka biasanya banyak diproduksi oleh masyarakat sekitar daerah pesisir, seperti Belinyu dan Toboali. Pembuatannya masih menggunakan resep tradisional. Bahan utamanya berasal dari ikan teri yang memang ukurannya kecil-kecil. Pembuatannya pun melalui proses yang cukup sederhana. Setelah ikan dibersihkan, kemudian dicampur dengan garam dan gula merah, lalu difermentasi. Lamanya proses pengawetan biasanya berlangsung selama seminggu.

Ketika olahan tadi sudah mulai mengeluarkan aroma khas dimana agak sedikit asam artinya rusip sudah siap untuk dikeluarkan. Penyajiannya bervariasi, dapat dimasak ataupun langsung dimakan. Tambahkan irisan bawang, cabe rawit untuk menambah cita rasa. Jangan lupa juga perasan jeruk kunci untuk menetralisir aroma ikan dan memberi sentuhan kesegaran di lidah.

Walaupun kelihatannya cukup ekstrim bagi sebagian orang, tapi rasanya luar biasa. Cara makannya biasanya bisa dipasangkan dengan lalapan sayuran segar. Coba sekali pasti pengen nambah lagi. Hayoo, berani coba?!!